Pemilu Sela Myanmar Ujian Untuk Popularitas Suu Kyi

AKURAT.CO,  Para pemilih di Myanmar memberikan suaranya dalam pemilu sela pada Sabtu (3/11). Pemilu sela ini menjadi ujian bagi dukungan publik terhadap Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi.

Suu Kyi dan partainya Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) menyapu kemenangan dalam pemilu 2015 dan mengakhiri puluhan tahun rezim militer. Namun pemerintahannya diwarnai kritik internasional atas caranya menangani krisis Rohingya di Rakhine dan lambatnya perundingan damai dengan berbagai kelompok pemberontak di wilayah perbatasan.

Sebanyak 13 posisi yang diperebutkan dalam pemilu sela kedua yang digelar sejak pemilu nasional tiga tahun silam. Pemilu sela ini digelar di penjuru Myanmar, bersamaan dengan pemilihan kursi parlemen dan majelis daerah.

baca juga:

Sebanyak lebih dari dua puluh partai bertarung dan 69 calon saling berebut kursi. Di satu tempat pemungutan suara (TPS) di kota Tamwe, Yangon, warga menunjukkan dukungan untuk Suu Kyi meski beberapa orang juga mengkritik.

“Saya memilih NLD pagi ini,” kata Maung Maung, 34, pakar software yang tinggal di Tamwe, dikutip Channel News Asia, Sabtu (3/11).

Dia menjelaskan, “Saya pendukung kuat NLD selama bertahun-tahun tapi selama NLD berkuasa, ada beberapa kegagalan yang mereka lakukan.”

Aye Soe (52), pedagang jalanan menyatakan dukungan setianya, “Saya akan mendukung dia sampai saya mati,” tutur Aye.

Hasil penghitungan awal pemilu itu akan diumumkan Minggu (4/11). Peraih Nobel Perdamaian Suu Kyi masih memiliki reputasi yang baik di dalam negeri dibandingkan di luar negeri yang citranya memburuk akibat krisis Rohingya.

Lebih dari 720.000 etnik Rohingya mengungsi ke Bangladesh sejak operasi militer pada Agustus 2017 lalu. Operasi militer itu oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dianggap penuh dengan kekerasan, pembunuhan, pemerkosaan dan pembakaran desa dengan niat genosida terhadap Rohingya.[]

Source : https://akurat.co/news/id-374949-read-pemilu-sela-myanmar-ujian-untuk-popularitas-suu-kyi

Pemilu Sela Myanmar Ujian untuk Popularitas Suu Kyi
Hasil Pemilu Sela Pelajaran Bagi Partai Suu Kyi
BNN Lakukan Tes Urine terhadap Pengunjung Hiburan Malam di Sumut
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products