Enam Cara Mudah Menenangkan Anak Yang Sedang Marah

Orang tua menjadi sosok penting yang dapat mengendalikan anak saat mereka marah. Dilansir dari popsugar, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan saat anak sedang marah.

1. Ajak Tarik Napas, Kemudian Tenang

Saat anak marah, mungkin sulit untuk membuat dia berhenti berteriak atau menunjukkan amarahnya. Coba ajarkan anak untuk menarik napas dalam-dalam, kemudian buang perlahan. Lakukan hal itu terus menerus hingga ia merasa tenang.

Mungkin amarahnya tidak langsung berhenti, tapi cara itu bisa mengalihkan perhatiannya dan dia punya waktu untuk sedikit tenang sebelum amarahnya meledak.

(Depositphotos) © tabloidbintang.com (Depositphotos)

2. Berikan Pelukan

Jika amarah anak sudah siap meledak, katakan padanya, jika nanti benar-benar marah, jangan ragu jika ingin meminta pelukan dengan Ayah atau Bundanya. Pelukan membuatnya merasa baik, meskipun ia sedang marah pada ayah atau bundanya.

Semakin cepat ia minta dipeluk, semakin cepat juga rasa amarahnya reda dan berganti dengan tangisan. Biasanya tangisan itu merupakan ungkapan rasa marah yang tengah ia rasakan.

Jika anak tak mau memeluk duluan, Ayah Bunda boleh lho yang mulai duluan untuk memeluknya. Percayalah, pelukan itu selalu menenangkan.

3. Berikan Aktivitas yang Menenangkan

Mendisiplinkan anak saat sedang mengamuk adalah hal yang sia-sia. Sebaliknya, ketika anak sudah terlihat akan marah, memukul, melempar atau mengucapkan kata-kata buruk, arahkan ia pada aktivitas yang tenang seperti membaca buku, bermain puzzle atau membuat teka-teki.

4. Nyanyikan Lagu

Ketika anak Anda marah, ajak dia untuk menyanyikan sedikit lagu atau bersiul. Nyanyikan lagu-lagu yang dia suka, seperti misalnya Naik Delman, Balonku atau Twinkle Twinkel Little Star.

(Depositphotos) © Disediakan oleh PT Media Bintang Indonesia (Depositphotos)

5. Berikan Alat untuk Melampiaskan Amarahnya

Saat marah, terkadang kita merasa ingin meremas leher seseorang. Daripada membahayakan sekitar, beri anak Anda boneka atau bola stress untuk diremas. Bisa juga gunakan bantal untuk dipukul untuk meluapkan amarahnya.

6. Ajaklah Berbicara

Ajak anak untuk mengungkapkan kemarahannya lewat kata-kata. Seperti misalnya, ‘Saya marah ketika X tidak mau bermain dengan saya’ dan pernyataan marah lainnya. Tanyakan alasannya, kenapa ia sedemikian marah.

Inilah kesempatan orang tua untuk berbicara dari hati ke hati dengan anak. Mereka butuh meluapkan emosi tanpa harus benar-benar marah. Berikan empati pada apa yang dirasakannya.

(bun / wida)

Source : https://www.msn.com/id-id/news/other/enam-cara-mudah-menenangkan-anak-yang-sedang-marah/ar-BBPeRzQ

Enam Cara Mudah Menenangkan Anak yang Sedang Marah
'Di umur 13 tahun, anak saya ini membunuh adik kandungnya sendiri': Bagaimana rasanya menjadi ibu seorang sosiopat
Eits, Jangan Marah-Marah! Tenangkan Emosimu Dengan 2 Cara Pamungkas Ini!
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products