Beberkan Kondisi Ekonomi RI, Sri Mulyani: Pertumbuhan Positif

Tangerang - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tidak menyia-nyiakan momen untuk mengingatkan kepada seluruh generasi muda akan tantangan yang dihadapi pemerintah dalam mengekola keuangan negara.

Berbicara saat mewisuda 5.523 mahasiswa dan mahasiwsi PKN STAN, Sri Mulyani mengungkapkan ada beberapa tantangan yang dihadapi pemerintah dalam mengawal keuangan negara.

"Tantangan yang harus kita hadapi, kita mengelola keuangan di tengah dinamika global yang memiliki dampak ke seluruh dunia, termasuk Indonesia," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Sri Mulyani Mewisuda 5.523 Lulusan STAN

Ekonomi Indonesia, kata dia, masih dalam kondisi yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan pertumbuhan ekonomi yang positif di level 5% serta inflasi terjaga di bawah 3%. Bahkan, pemerintah berhasil membuat angka kemiskinan dan pengangguran menurun.

"Dengan dinamika yang ada, tugas ini tidak berhenti kita harus terus meningkatkan kewaspadaan karena dinamika akan terus mempengaruhi ekonomi nasional," tambahnya.

Tantangan selanjutnya, adalah bonus demografi yang dimiliki Indonesia. Total penduduk Indonesia saat ini mayoritas adalah generasi muda atau milenial.

Baca juga: Sri Mulyani Sebar 600 Lulusan STAN ke 26 Kementerian/Lembaga

Pemerintah, kata Sri Mulyani, akan memanfaatkan bonus demografi itu dengan program peningkatan atau pengembangan kualitas sumber daya mineral (SDM).

Tantangan yang selanjutnya, adalah perkembangan teknologi. Menurut Sri Mulyani teknologi bisa menjadi ancaman namun juga bisa jadi kesempatan.

"Dalam konteks terkini, generasi muda memiliki harapan tinggi, generasi muda, milenial mampu terus melihat, mendengar, dan mempelajari, serta muncul harapan menjadi generasi yang menciptakan kemakmuran dan keadilan," ujar dia.

Tonton juga 'Sri Mulyani Dorong Perempuan Jadi Penggerak Perekonomian':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/ara)

Source : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4261966/sri-mulyani-beberkan-tantangan-ekonomi-ri-di-depan-wisudawan-stan

Sri Mulyani Beberkan Tantangan Ekonomi RI di Depan Wisudawan STAN
Sri Mulyani: Survei OECD tunjukkan ekonomi RI positif meski tertekan kondisi global
Sri Mulyani Ajak Dunia Ubah Ancaman Teknologi Jadi Kesempatan
Hasil Survei OECD Menunjukan Ekonomi RI Positif, Ini Kata Sri Mulyani
Sri Mulyani Beberkan Pentingnya Peran Keuangan Syariah RI
Pemerintah Ubah Asumsi Dasar Nilai Tukar jadi Rp15 Ribu/USD di 2019
OECD: Ekonomi RI Bisa Tumbuh 5,2% Tahun ini
OECD: Confidence Level pada RI Tertinggi Dibanding Anggota-anggota Lain
Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI Turun 5,1% - LAPORAN “WORLD ECONOMIC OUTLOOK” IMF
Neraca Dagang Surplus, Menkeu Sri Tegaskan Impor Masih Harus Ditekan
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products