7 Peluang Bisnis Menguntungkan Bagi Generasi Milenial

Suara.com - Menjalankan bisnis dengan sukses selalu menjadi target atau impian yang menarik. Namun pada umumnya, kita begitu senang melihat kesuksesan orang lain dan hanya melihat hasil akhirnya saja.

Tak jarang juga, kesuksesan orang lain tampak mudah dalam penglihatan, terutama bagi yang tidak benar-benar memahami seluk-beluk bisnis sama sekali. Sementara di lain sisi, para pebisnis yang sukses ini telah bekerja keras dan mengorbankan banyak hal di dalam kehidupan mereka, hingga akhirnya bisa meraih kesuksesannya.

Kenyataannya, tidak ada sukses yang bisa ditebus dengan harga murah dan proses yang mudah. Apa pun jenis bisnis yang dijalani seseorang, tentu ada kerja keras dan melalui banyak proses sulit untuk membangunnya, hingga akhirnya bisnis tersebut bisa berkembang dan meraih kesuksesan.

Dalam membangun bisnis, ada banyak hal yang harus dikorbankan. Beberapa di antaranya bahkan terbilang cukup berat untuk dilakukan. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut risiko yang selalu dihadapi para pebisnis sebelum meraih kesuksesan.

1. Kehilangan status karyawan tetap dan gaji bulanan

Bisnis membutuhkan proses yang panjang dan tak mudah, sehingga dibutuhkan perhatian penuh untuk membangunnya. Agar bisa fokus dalam mengelola bisnis, para pebisnis harus meninggalkan pekerjaan mereka dan beralih pada bisnis yang baru akan dirintisnya.

Hal ini tentu tidak mudah, terutama bagi orang yang telah cukup lama bekerja dan telah terbiasa dengan lingkungan kerjanya. Bukan hanya itu, dengan berlalunya status karyawan tetapnya, maka para pebisnis ini juga akan kehilangan gaji tetap bulannya.

Tentu ini merupakan tantangan lainnya yang tak kalah berat. Apalagi bagi orang yang terbiasa mengandalkan gaji bulanan untuk menutupi berbagai kebutuhan rutin di dalam hidupnya.

2. Tuntutan membangun tim dan memberikan kepercayaan

Dalam skala kecil, bisnis mungkin saja dikelola seorang diri. Hal ini wajar, terutama di tahap-tahap awal perjalanan bisnis tersebut. Namun seiring dengan perkembangan bisnisnya, pebisnis tidak akan mampu mengelola dan menjalankan berbagai tugas seorang diri. Membangun tim adalah keputusan yang tepat, meskipun hanya dalam skala yang tidak terlalu besar.

Namun sebagaimana tim kerja yang profesional, pebisnis harus berbagi tugas dan tanggung jawab, termasuk memberikan kepercayaan penuh terhadap dukungan tim kerja tersebut. Mempekerjakan orang lain dan mempercayakan berbagai urusan bisnis di tangan mereka adalah salah satu risiko yang harus dilalui untuk meraih kesuksesan di dalam bisnis.

3. Kehilangan waktu pribadi

Berbeda dengan jam kantor yang tetap dan monoton, bisnis memang lebih menantang dan membutuhkan perhatian penuh sepanjang waktu. Tidak cukup hanya 8 jam saja sehari, sebagian besar pebisnis bahkan mengerjakan pekerjaan bisnis mereka sepanjang waktu.

Hal ini sangat biasa terjadi, terutama di awal-awal bisnis tersebut berjalan. Kondisi ini tentu akan membawa banyak perubahan di dalam kehidupan pebisnis, di mana berbagai aktivitas serta rutinitas pribadi lainnya sangat mungkin terganggu akibat kondisi kerja yang padat.

4. Mendanai bisnis dengan modal pribadi

Sebagai pebisnis, mengeluarkan modal bisnis merupakan hal yang biasa dilakukan, terutama jika bisnis tersebut memang dijalankan secara pribadi tanpa melibatkan mitra lainnya. Meski telah memiliki sejumlah modal yang siap untuk dialokasikan dalam membangun bisnis, mereka juga kerap harus mengeluarkan tambahan modal dari kantong pribadinya.

Hal ini akan cukup merepotkan, terutama jika pebisnis hanya memiliki dana simpanan yang terbatas untuk dialokasikan sebagai modal tambahan. Istilahnya dalam hal ini, pebisnis memang harus siap berkorban.

5. Menggantungkan diri pada arus kas perusahaan

Bisnis baru berjalan dan gaji sudah berhenti, sementara keuangan menipis karena bisnis membutuhkan banyak modal tambahan. Dalam kondisi seperti ini, pebisnis bisa saja mengalami berbagai masalah keuangan, terutama di saat bisnis belum bisa menghasilkan pendapatan dengan stabil.

Pebisnis kerap harus menggantungkan hidupnya pada arus kas perusahaannya yang tidak menentu, bahkan sering kali minus di awal-awal berjalannya bisnis tersebut. Jadi, seorang pebisnis juga harus tahan dengan keadaan yang sempit.

Sukses Itu Butuh Banyak Pengorbanan

Meraih kesuksesan di dalam bisnis tidak selalu semudah seperti memikirkannya. Ada banyak risiko dan kesulitan yang harus dihadapi, terutama ketika akan membangun bisnis untuk pertama kalinya. Maka, memahami berbagai risiko ini sejak awal sangatlah penting, agar kelak bisa mengatasinya dengan baik dan tepat sasaran.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Cara Buka Bisnis Salon Kecantikan

Panduan Mengajukan Aplikasi KTA Melalui Cermati.com

7 Peluang Bisnis Menguntungkan Bagi Generasi Milenial

Source : https://www.msn.com/id-id/news/other/mau-jadi-pebisnis-sukses-siap-siap-dulu-dengan-berbagai-risiko-ini/ar-BBPyRgl

Mau Jadi Pebisnis Sukses? Siap-siap Dulu dengan Berbagai Risiko Ini!
Sasar milenial, emas Antam kini bisa dibeli lewat daring ORORI
Kembangkan Wisata, Kemenpar Bidik Pasar Milenial
Incar Nasabah Milenial, Pegadaian Kembali Buka The Gade Coffee
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products