5 Fakta Dalam Mencari Lowongan Kerja Di Indonesia

Jakarta - Menurut BPS (Badan Pusat Statistik), tingkat pengangguran terbuka di Indonesia di Februari 2018 mengalami penurunan hingga 140.000 orang di banding bulan yang sama di tahun lalu. Selain itu, tingkat partisipasi angkatan kerja, juga mengalami peningkatan hingga 0,18 persen.

Meski demikian, mencari lowongan kerja masih susah. Terlebih, untuk tingkat pendidikan Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) yang masih di angka 8,21 persen. Sementara itu, lulusan perguruan tinggi dinilai oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, Bambang Satrio Lelono Bambang Satrio Lelono, terlalu memilih pekerjaan.

Menurutnya, ada sekitar 700.000 hingga 800.000 lulusan perguruan tinggi yang masih tidak mau bekerja setara dengan yang lulusan SMA. Hal tersebut, kemudian menjadikan banyak lulusan perguruan tinggi masuk ke dalam pengangguran terbuka.

Menurunnya angka pengangguran tadi akhirnya tidak sebanding dengan realitas. Banyak lulusan perguruan tinggi yang menganggur dan lulusan SMA yang belum menemukan kesetaraan dalam mencari pekerjaan. Untuk itu, perlu pembekalan untuk mereka dalam mencari pekerjaan.

Berikut ini, 5 fakta yang kaum muda harus ketahui tentang mencari lowongan kerja di Indonesia.

1. Perusahaan Mencari Kandidat Lewat Job Fair

Job fair adalah pameran kerja dimana pencari kerja dapat membawa CV (curriculum vitae) dan melakukan walk-in interview. Tahap pertama yang dilakukan saat datang ke job fair adalah mengetahui terlebih dahulu perusahaan apa saja yang akan membuka kesempatan kerja. Setelah mengetahui daftar perusahaan, siapkan CV atau resume sesuai perusahaan yang diminati. Namun, jangan terlalu fokus dalam melamar kerja saja. Gunakan waktu untuk memperluas relasi dengan sesama kandidat hingga manajer atau HR yang hadir di sana.

2. CV Berguna Untuk Menarik Perhatian Perusahaan

Surat lamaran kerja atau yang dikenal sebagai CV merupakan hal penting saat ingin mencari lowongan kerja. Biasanya perekrut akan memindai CV 30 detik sebelum kemudian berganti ke CV yang lain. Untuk itu penting sekali untuk menjelaskan profil secara singkat dan menarik agar perekrut tidak melewatkan resume anda.

3. Mencari Lowongan Kerja Secara Online

Sekarang ini perusahaan lebih banyak membuka lowongan kerja secara online. Para pencari kerja tidak usah lagi repot mencetak CV dan mengirim ke perusahaan. Biasanya perusahaan mengiklankan lowongan kerja mereka kepada situs-situs pencarian kerja. Pencari kerja dapat mencari lowongan kerja sesuai dengan minat dan mengunggah CV untuk kemudian dipertimbangkan oleh perusahaan tersebut. Dengan begitu, mencari lowongan kerja jadi lebih gampang dan dapat dilakukan dimana saja. Terdapat banyak sekali situs-situs lowongan kerja, salah satunya adalah >Glints.

4. Ada Ratusan Orang Mendaftar Posisi yang Sama

Dalam mencari lowongan pekerjaan, kompetisi akan menjadi ketat. Banyak kandidat yang mengincar posisi yang sama. Maka dari itu sebelum melamar, pastikan anda benar-benar menginginkan posisi tersebut. Dilansir dari The Muse, keinginan yang besar akan membuahkan motivasi yang kuat. Jika anda setengah-setengah dalam melamar kerja, anda hanya akan membuang waktu. Salah satu tips untuk memastikan anda benar-benar ingin posisi itu adalah melakukan company background. Biasanya, jika anda mencari lowongan pekerjaan melalui situs pencarian kerja, mereka sudah menyediakan profil perusahaan sehingga anda bisa mempertimbangkan.

5. Rata-rata Pencari Kerja Menemukan Pekerjaan Setelah 2 Bulan

Dalam mencari lowongan kerja tentunya membutuhkan waktu. Menurut penelitian Bureau, pencari kerja akan menemukan pekerjaan setelah 2 bulan mencari dan menyebar resume. Waktu 2 bulan ini termasuk cepat. Namun, untuk pencari kerja menemukan pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan keinginan, hal itu akan memakan waktu lebih lama lagi. Jika anda tertarik untuk mencari lowongan kerja yang menguntungkan, bisa mencoba program >#JobSearchisSelfLove dari Glints. Sembari mencari lowongan kerja anda juga bisa berkesempatan mendapat Rp 500.000.

Demikian 5 fakta dalam mencari lowongan pekerjaan di Indonesia. Semoga artikel ini membantu para pencari kerja di Indonesia. Jika tertarik mencoba mencari lowongan kerja secara online, anda bisa klik di sini.

Source : http://www.beritasatu.com/ekonomi/520761-5-fakta-dalam-mencari-lowongan-kerja-di-indonesia.html

5 Fakta Dalam Mencari Lowongan Kerja di Indonesia
5 Jurus Ampuh Cari Kerja untuk yang Baru Lulus Sekolah
5 Fakta Menarik dari Konser Guns N' Roses di GBK...
Penipu Rekrutmen PT KAI Catut Nama Jusuf Kalla
Jepang Cari Perawat Asal Indonesia, Digaji Rp 35 Juta per Bulan
Setneg Rilis Nama CPNS yang Lolos Seleksi Administrasi, Cek di Sini!
Polusi udara 'tersembunyi' di dalam kantor Anda
Ini Fakta Deddy Corbuzier, Sang Polisi Media Sosial
Perang jubir milenial
Pilot Lion Air JT 610 Minta Return to Base Masih Jadi Misteri
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products