Terciduk Bawa Jimat Pas Ujian CPNS, Apa Hukumannya

Jakarta - Saat ini masih saja ada peserta rekrutmen CPNS 2018 yang membawa jimat saat seleksi kompetensi dasar (SKD). Jimat yang dibawa pun bermacam-macam bentuknya.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, dalam pelaksanaan CPNS yang sudah digelar selama ini, pernah ditemukan jimat berupa tali pocong.

"Kayak kalau tahun lalu kan ada tali pocong segala macam itu," katanya saat dihubungi

detikFinance, Rabu (7/11/2018).

Selain itu, ada pula jimat yang dibawa peserta berbentuk kertas berisi tulisan hingga kain.

"Ada kertas bacaan kayak Arab gundul itu ya, kemudian ada juga berbentuk kain warna hijau adanya di dompet gitu, ketahuannya waktu dompetnya dibuka," sebutnya.

Baca juga: Terciduk Bawa Jimat Pas Ujian CPNS, Apa Hukumannya?

Ridwan juga mengungkap ada jimat berbentuk gelang. Gelang tersebut mengeluarkan aroma yang dianggap bisa mengganggu peserta ujian lain.

"Ada juga yang begitu, gelang bahar itu, kita buka saja karena ada unsur harumnya itu loh kadang kadang mengganggu (peserta lain) yang sebelahnya, itu misalnya yang kita cegah," terangnya.

Jimat berbentuk batu pun pernah juga ditemukan dibawa oleh peserta yang hendak ujian CPNS. Sementara jimat dari logam sejauh ini belum ditemukan.

"Kalau batu tahun lalu ada. Tahun ini belum. Tapi pokoknya yang ada logamnya pakai detektor logam pasti ketangkap," tambahnya.

Baca juga: Peserta Tes CPNS Terciduk Sembunyikan Jimat di Dalam Bra

(fdl/fdl)

Source : https://finance.detik.com/lowongan-kerja/d-4291245/jimat-yang-dibawa-peserta-cpns-dari-batu-hingga-tali-pocong

Jimat yang Dibawa Peserta CPNS: dari Batu hingga Tali Pocong
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products