Kemenhub Siapkan Aturan Baru Soal Taksi Online

Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera menerbitkan aturan baru tentang taksi online. Sebelumnya beberapa pasal dalan Peraturan Kemenhub (Permenhub) 108 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek ditolak Mahkamah Agung (MA).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan pihaknya telah menyiapkan draf Permenhub yang baru. Saat ini aturan tersebut masih dibahas di internal Kemenhub, serta meminta masukan dari asosiasi terkait sebelum diterbitkan.

Baca juga

"Sebenarnya sudah menyusun peraturan menteri perhubungan yang baru tapi masih draft sifatnya, dan hari ini sudah saya rapatkan dengan internal kita, nanti siang juga kita akan rapat dengan Organda," kata dia ditemui di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 13 September 2018.

Dalam putusan MA, terdapat beberapa pasal di Permenhub 108 dinyatakan tidak sah. Beberapa aturan yang tidak bisa diberlakukan itu di antaranya adalah kewajiban taksi online berstiker, kewajiban uji kir bagi kendaraan taksi online, serta kewajiban pemilik kendaraan harus berbadan hukum.

"Jadi sebetulnya ada beberapa pasal yang diterima dan ada pasal juga yang tidak diterima. Nah yang tidak diterima tentunya tidak kita masukan kembali sebagai regulasi yang ada di dalam Permenhub yang baru ini," jelas Budi.

Dirinya menambahkan, akan memanggil seluruh pihak terkait guna meminta masukan sebelum aturan baru diterbitkan. Rencananya aturan Permenhub yang baru diharapkan bisa selesai bulan depan sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

"Saya akan libatkan semua semacam aliansi-aliansi yang ada saya libatkan, tetapi harapan saya begitu nanti dilibatkan mereka semuanya minimal adalah representasi dari perwakilan mereka yang ikut. Jadi harapan saya begitu nanti selesai tidak ada gugatan lagi," pungkasnya.

(SAW)

Source : http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/5b2V074b-kemenhub-siapkan-aturan-baru-soal-taksi-online

Kemenhub Siapkan Aturan Baru Soal Taksi Online
Kemenhub Sudah Siapkan Aturan Baru Taksi Online
Pemprov Jabar Tunggu Arahan Pusat soal Aturan Taksi Online
Aturan Taksi Online Dicabut, Kemenhub Siapkan Regulasi Baru
Ditolak MA, Kemenhub Siapkan Rancangan Regulasi Baru untuk Taksi Online
Strategi Kemenhub Agar Aturan Taksi Online Tak Dimentahkan MA Lagi
Kemenhub Siapkan Aturan Baru Taksi Online
Selalu Dimentahkan MA, Kapan Pengaturan Taksi Online Kelar?
Bulan Depan, Aturan Baru soal Taksi Online Diterbitkan
Pasca-Putusan MA, Kemenhub Kembali Revisi Aturan Taksi Online
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products