Festival Lima Gunung 2018 Digelar Akhir Pekan

Kabupaten Pekalongan - Pekalongan memiliki wilayah pegunungan yang asyik untuk dibikin event pariwisata. Sekarang lagi ada Festival Rogo Jembangan, ayo mampir.

Adalah Festival Rogo Jembangan. Lokasi acaranya ada di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Festival Roggo Jembangan digelar akhir pekan ini dari Jumat hingga Minggu (30/9/2018) dan kemarin telah digelar Kirab Budaya Rogo Jembangan. Ada iring-iringan gunungan hasil bumi di kecamatan tertinggi di Kabupaten Pekalongan.

Iring-iringan itu dimulai dari kantor Kecamatan Petungkriyono menuju Lapangan Sigeger. Beberapa hasil bumi seperti buah-buahan, palawija, kopi serta hasil bumi lainnya digotong warga dengan pelan seirama dengan alunan musik gamelan.
Seru Nih! Pekalongan Bikin Festival di Atas AwanFoto: Robby Bernardi

Tabuhan gamelan khas Jawa menambah nikmat jalanya kirab gunungan hasil bumi. Selain hasil bumi, pawai budaya ini juga mengarak 9 mata air yang berada di kawasan sabuk Pegunungan Dieng yang masuk Petungkriyono.

"Acara ini tahun pertama digelar dan akan terus kita tingkatkan di tahun-tahun ke depan. Kita akan kumpulkan seni budaya yang ada di acara ini," kata Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi saat memberikan sambutan dihadapan ratusan warga Petungkriyono, Sabtu (29/9/2018) kemarin.

Festival Rogo Jembangan ini diharapkan akan menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun wisatawan asing. Tak hanya kirab gunungan hasil bumi, digelar juga berbagai tarian tradisional khas Kabupaten Pekalongan.

Seru Nih! Pekalongan Bikin Festival di Atas AwanFoto: Robby Bernardi

"Ini tahun pertama digelar, namun menjadi perhatian juga wisatwan asing. Ada beberapa mahasiswa asing yang datang ke sini untuk menyaksikan acara budaya ini," jelas Asip.

Usai dilakukan doa bersama, ratusan warga langsung berhamburan untuk menuju ke tengah lapangan untuk berebut hasil bumi yang telah diarak. Wisatawan berdesak-desakan karena kalau tidak demikian nggak akan kebagian.

Dalam Festival Rogo Jembangan juga digelar pasar rakyat, pagelaran musik akustik alas, pentas seni tradisional, 1.000 kopi dan 1.000 cimplung, kirab budaya dan eksplor Petungkriyono. Acara sendiri akan berakhir hari ini dengan kegiatan resik gunung.

Festival Rogo Jembangan bertujuan untuk lebih memperkenalkan potensi Petungkriyono pada masyarakat luas. Bahwa Pekalongan tidak hanya ada di kotanya saja, cobalah traveler mengeksplor bagian kabupatennya.

(sna/fay)

Source : https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4235239/seru-nih-pekalongan-bikin-festival-di-atas-awan

Seru Nih! Pekalongan Bikin Festival di Atas Awan
Kulon Progo Setiap Hari Pesta Budaya Sepanjang Oktober 2018
Tinjau PLBN Motaain, Menpar Dorong Atambua Terus Kembangkan Wisata Perbatasan
Merayakan Persahabatan di Perbatasan dengan Festival Fulan Fehan
Menpar Sebut Pos Lintas Batas Atambua Bisa Tarik Wisman
Menpar Dorong Crossborder Tourism di Atambua
5 Keseruan Synchronize Fest 2018 Hari Pertama
MotoGP Thailand: Optimisme Johann Zarco di Sirkuit Buriram
Menpar Arief Yahya Dorong Atambua Terus Kembangkan Crossborder Tourism
Pulau Jeju di Korsel jadi Destinasi Favorit Warga Cina untuk Bikin SIM
[LIMITED STOCK!] Related eBay Products